Snacks : Martabak Manis ANTI GAGAL

WOW..

Beneran nih anti gagal? Itu yang pertama kali ada di kepala saya waktu menemukan resep martabak manis dari link ini. Dilihat dari testimoni empunya blog, dan juga 123 komentar dari postingan beliau tentang martabak ini, saya jadi penasaran pingin nyobain juga. Apalagi bikin martabaknya pake wajan anti lengket lhoooo…

Mari kita coba! ini dia resepnya :

Bahan
250 gr tepung terigu
2 sdm gula pasir
1/2 sdt baking powder
1 sdt ragi instant
350 ml susu cair
2 butir telur, kocok lepas
1/2 sdt garam

Bahan ISI
keju
meises coklat
susu kental manis

Bahan olesan
butter atau mentega
tips empunya blog : pilih merk wijsman ato merk luar lainnya supaya rasanya lebih oke.
Cara Memasak 

  1. Campur terigu, gula pasir, baking powder dan ragi instant. Tuangi susu sedikit demi sedikit, aduk sampe rata. Gabrukkin kocokan telur, aduk rata. Kepyurin garam. Diemin 30 menit (saya :  1 jam), tutup wadah dengan serbet bersih.
  2. Siapkan wajan anti lengket, panaskan sebentar, olesi dengan sedikit mentega. Tuang adonan ke dalam wajan. Tunggu sampai adonan mulai berlubang. Setelah lubangnya mulai banyak, kepyuri dengan gula pasir, tutup dan biarkan matang.
  3. Setelah matang, angkat, olesi dengan butter/margarine. Gabrukkin isian sesuai selera, lipat jadi dua, potong-potong.

Dan inilah hasilnyaa.. tarraaa..

Review 

  • Rasa martabaknya ternyata enak juga untuk trial and error pertama kali. Tidak mengecewakan lah pokoknya :D
  • Bagian dalam martabak terbentuk lubang/semacam sarang gitu ya.. tapi gak terlalu heboh kaya di abang-abang martabak sih.  Apa karena saya pakenya ragi sisa bikin kue beberapa hari sebelumnya yaa..? *ketauan ogah ruginya :p  hmmm… Tapi hal ini bagi saya ngga terlalu mempengaruhi rasa martabaknya yang udah nyam-nyam sih.. ^_^
  • Kekurangannya : berhubung saya pakai butter keluaran sini yang menurut saya nggak ada wangi-wanginya, jadi ya martabak hasta karya saya ini kurang harum. Kayaknya kalo saya coba ganti pake blue band atau malah dikasih butter wijsman yang ngetop itu aromanya bisa jadi spesial.

Setelah makan ini, siapkan timbangan ya.. cek deh beratnya pasti nambah.. hihihihi

Selamat mencoba!

Warm regards,

Mamiko Marsya

12 thoughts on “Snacks : Martabak Manis ANTI GAGAL

    • hai mba arni, thanks ya udah mlipir kemari :D .. iya mba, aku tergiur oleh komen2 di postingan resepnya mba Vina itu.. ihihi.. kalo aku alhamdulillah kebeneran gak ada efek2 gosong mba meski pake wajan teflon, tapi sarang2 di martabaknya agak kurang terbentuk.. jadi berasa kurang afdol juga hasil eksperimentalnya, he3.

    • Halo mba Prita, salam kenal kembali :D
      thanks for the idea mba! Jadi terinspirasi nih pengen juga bikin martabak yg aman buat timbangan, ‘_’ 9 berhubung bakal cocok banget buat emak2 macem saya yg doyan ngemil tapi udahnya sering berasa bersalah kl liat timbangan.. hehehe.

  1. Selamat pagi. Semalam saya coba dan cukup berhasil. Sama dengan review mbak di atas. Rasa tdk mengecewakan untuk pertama kali coba, namun tekstur kurang bersarang. Saya memakai ragi instan baru. Hanya saja wajan saya (anti lengket, bawahnya tebal, merk Oxone diameter 24cm) terlalu lebar untuk 1/2 resep, jadi hasilnya kurang tebal. Lalu bagian bawahnya kurang mulus, agak bertektur bagian tengah. Apa olesan menteganya kebanyakan, jadi harus dilap sedikit? Terima kasih.
    Sisca – Surabaya

Leave a Reply

