Mini sausage Roll

Rasanya seperti mimpi, orang males masak dan kalo bikin kue hampir selalu gagal macem saya gini  bisa bikin roti. Hihihi.. Yaa.. jaman di Bandung mah… mana sempet mikirin beginian.. mau roti tinggal ngesot ke breadtalk, mau kue tinggal menggelinding ke kartika sari.. gak ada yang susah kalo cari makanan di Bandung yang notabene kota kuliner🙂

Lho, emangnya di Jepang ngga ada toko roti..? 

Banyak! Enak-enak malahan keliatannya.. huhu bisa ngiler kalo ngeliatnya. Sayang sekali kebanyakan roti2 atau kue2 yang dijual gak bisa semuanya dimakan karena mengandung bahan-bahan yang tidak halal. Ya.. satu lagi ujian hidup di negara minoritas muslim, ya begini..  Waktu awal-awal saya dateng kesini, masih ada roti-roti dari merk tertentu yang bisa dikonsumsi, sayangnya belakangan ini baru diketahui kalo untuk olesan roti tersebut menggunakan minyak yang berasal dari binatang yang diharamkan.

Akhirnya, dengan bermodal laper, ngiler, dan nekat.. saya browsing kian kemari cari-cari resep roti yang paling mudah dari segi teknik dan bahan yang dibutuhkan. Eh kebetulan nemu blognya Mbak ina kornie yang bikin roti cinnamon roll konon sumber resep dari majalah femina, langsung deh saya coba, ngikutin plek-plek sesuai resepnya.

Sayang, hasil akhir percobaan perdana bikin roti ini kurang memuaskan nih, karena  bagian atas roti rada gosong, dan setelah dingin rotinya jadi alot. jadi males diabadikan deh.. hihi.. tapi rasanya menurut tester setia saya masuk kategori “lumayan enak” nih, sambil terus nambah lagi nambah lagi😀

Akhirnya saya coba lagi bikin roti dengan resep yang sama, tapi dengan topping yang berbeda, dan sedikit modifikasi teknik bakingnya .. uhuy.. hasilnya… mini sausage roll empyuuukkk ( meski udah dingin) dan nyami nyami siap disantap..! 

Anyway, Resep aslinya ada disini yaa..

Resep Mini Sausage Roll ( Diadaptasi dari resep Cinnamon Roll Majalah Femina)

BAHAN:
500 g tepung terigu khusus roti
75 g gula pasir
1 bungkus (11 g) ragi instan
2 sdm susu bubuk
4 kuning telur ayam
300 ml susu cair
75 g mentega tawar ( saya pake butter yang biasa beredar disini, merk Rama)
½ sdt garam
Taburan, aduk rata:
1 sdm kayu manis bubuk ( saya pake 4 buah sosis yang dipotong kotak kecil-kecil)
5 sdm gula bubuk ( gak pake)
2 sdm mentega tawar, lelehkan ( gak dilelehkan, tapi langsung dicampurin ke sosis potongnya
bubuk oregano secukupnya
CARA MEMBUAT:
Campur tepung terigu, gula, ragi, dan susu bubuk, aduk rata.
Tambahkan telur, tuangi susu cair sedikit demi sedikit sambil uleni hingga kalis (tidak lengket di tangan).
Masukkan mentega dan garam. Uleni kembali.
Diamkan selama 30 menit sambil tutup dengan plastik atau lap basah hingga mengembang 2 kali lipat. Letakkan di suhu ruang. Sisihkan.
Pukul adonan hingga kempis. Gilas dan tipiskan adonan hingga setebal 1 cm, taburi dengan bahan taburan hingga rata. Gulung perlahan.
Potong melintang setebal 2 cm. Atur di atas loyang datar ukuran 28 x 28 x 3 cm yang sudah diolesi margarin. Beri jarak di antaranya.
Diamkan lagi selama 10 menit hingga mengembang.
Panggang dalam oven panas suhu 200° C  selama 30 menit  ( saya : 160° C selama 20-25 menit) hingga matang dan berwarna kuning kecokelatan. Angkat.
Sajikan hangat.
sedikit tips :
  1. Mentega dan garam dimasukkan terakhir ya, jangan bareng2 sama ragi, konon katanya raginya bakalan mati.. jadi rotinya ga ngembang2.
  2. ulenin adonan seminimal mungkin gak pake tangan. Pake spatel kayu gitu, ulenin pake tangannya pas terakhir-terakhir aja.
  3. waktu dan suhu panggang kudu disesuaikan dengan oven kita,
selamat mencoba dan cobain deeeh! saya aja yang amatiran gini bisa berhasil bikin..😀

2 thoughts on “Mini sausage Roll

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s