cake pandan putih telur

sebenernya ini udah lama bikinnya, tapi baru diposting sekarang, karena sebelumnya malesnya lagi kambuh. hihihi..

Awalnya, saya bikin cake ini karena saya lagi penasaran berat eksperimental bikin roti, beberapa kali coba bikin, putih telurnya ngga dipake, kalo dibuang sayang, jadi saya simpen di kulkas deh.. gak berasa tau2 udah 1 cup aja si putih telur.. hmm.. kudu cepet diabisin nih, googling lah saya mencari-cari si resep yang pake bahan dasar putih telur, dan jodohnya ketemu resep di link ini  , *trimakasih yaa empunya blog.. ^_~ setelah ngintip isi kulkas dan bunker bahan-bahan kue , eksperimental kembali dimulai! ini dia resepnya :

Cake Zebra Putih Telur ala rina rinso
Bahan:
400 cc putih telur
200 gr gula pasir
1 sdt TBM/SP
200 gr blue band, cairkan
175 gr terigu
25 gr maizena
1 sdm coklat bubuk/pasta coklat/pasta pandan/pasta strawberry ( saya pakai pasta pandan)

Cara:
1. Putih telur + SP dikocok sampai mengembang
2. Masukkan gula pasir sedikit2 sambil terus dikocok
3. Masukkan terigu sedikit2 sambil diaduk rata
4. masukkan blue band yg sudah dicairkan, aduk rata
5. bagi adonan menjadi 2, ½ bagian beri pasta coklat sisanya biarkan putih
6. Tuang adonan putih sedikit, lalu tuang adonan coklat. Tuang lagi adonan putih, lalu adonan coklat. Begitu seterusnya sampai adonan habis
7. Panggang sampai matang kurang lebih 20 menit dengan suhu 180 0C

dan 20 menit kemudian… tadaaa… cake pandan putih telur siap disantap. Dari harumnya.. hmmm… pas dicoba, aroma putih telurnya berasa banget.. rasanya tetep enak sih, tekstur cake ini juga lembuuut.. cuman kan seperti kata pak ustad, sesuatu yang berlebihan itu gak baek.. *efek pasca taraweh* Saya pikir,  putih telurnya juga mungkin kudu dikurangin dikit kali yaa di percobaan berikutnya, atau mungkin ditambahin vanilla extract biar tersamarkan si aroma putih telur ( ato tar aromanya malah jadi tambah amburadul..? ihihi.. gak tau juga dah.. :p

tapi resep ini cukup recommended menurut saya, mengingat jasanya yang tak terkira dalam membantu saya menghabiskan gundukan putih telur di kulkas, ehehe…

ps ; setelah kuenya jadi, saya baru nyadar kalo cakenya nampak ijooo sekali.. ihhihihihi… jadi, next time urusan nyemplungin pasta pandan atau pasta-pasta lainnya jangan ter-la-lu ( ala bang rhoma irama) yaa..  :D

Leave a Reply

