summer : fireworks is in the air! (what should be prepare tips)

Yeah.. gak terasa udah hampir sebulan saya berteman dengan musim panas. Ini Adalah musim panas pertama saya di negeri sejuta samurai. Sebelum ‘kenal’ langsung dengan si doi, ketika musim dingin tahun lalu, saya sempat mendamba-damba supaya musim panas cepat menyapa, Kenapa ya..? salah satu motifnya adalah saya pingin  liat festival kembang api disini. Hihihi… ( sungguh motif yang nggak berbobot yaaaa.. :p )

Okei, back to the topic, setelah intip-intip jadwal kapan si kembang api bakal eksis mledak mleduk,  jumlah ledakannya yang bakal tampil, dan biaya nontonnya gratis,  saya dan papiko  memutuskan kita mau nonton acara ini di Yokohama, yaitu pada hari rabu kemarin! Yeaaay…

Berhubung ini adalah pengalaman pertama saya ( dan juga suami) nonton kembang api, sepanjang siap-siapin perlengkapan tempur buat on the spot , yang terbayang di kepala saya adalah buka puasa sambil nonton kembang api sambil duduk dialas tiker, kena angin sepoy-sepoy di tepi pantai yokohama.. sambil seruput-seruput minuman botol yang baru keluar dari kulkas… adeeemmm benerr… gimana ngga cakep tuh…😀

Berangkatlah kami, trio yoyo dari rumah sekitar jam 4.15 sore, perkiraan perjalanan sekitar 1 jam, yah.. kami pikir masih ada waktu 1,5-2 jam sebelum acara dimulai ketika tiba disana. Tapi ternyata eh ternyata, ketika harus ganti line kereta, keretanya delay dan gak maju-maju, bapak petugasnya sebetulnya bolak balik ngomong pake toa sih, tapi saya juga ngga ngerti beliau ngomong apaan. Tapi emang suasana di stasiun itu penuuh banget.. dan kebanyakan penuhnya ama mbak-mbak dan mas-mas yang pake yukata ( masih satu famili ama kimono), curiga mereka juga mau nonton kembang api kayak saya nih.. Hehe..

Dan akhirnya kereta berangkat juga setelah 20 menit ngetem, fiuhh..  :D

Tiba di stasiun, kedodolan mulai terjadi lagi.. antrian panjang di loket pintu keluar udah mirip ular naga, panjaang aja.. dan ketika giliran saya lewat, pintunya malahan nutup, huwaaa..  ternyata deposit di kartu langganan kereta saya gak cukup buat bayar ongkos! bukan masalah kudu bayarnya sih,, tapi males kudu ngantri isi ulang kartu, dan ngantri buat keluar..inilah buah dari penyakit lupa.. T_T

Setelah berjibaku dengan 2 antrian yang cukup panjang, akhirnya saya keluar juga. Jalan kaki menuju area nonton, begitu tiba disana, kembang apinya baru aja mulai, tapiiii.. kita belom dapet tempat duduk.. mana tempatnya udah penuh.. huwaaa.. beberapa menit awal show sama sekali ngga bisa menikmati, karena kita sibuk mencari-cari spot nonton, untungnya kita dapet tempat juga meski nyempil dan tepat dibelakang semacam gudang besar.

Sambil duduk manis,  Saya, Marsya, dan Papiko menikmati letusan demi letusan kembang api yang ditampilkan.. indah yaa..🙂 Saya juga seneng ngedenger dan ngeliat ekspresi orang-orang di sekeliling saya ( bahkan mungkin hampir semua orang yang hadir disana)  tiap kali ada letusan kembang api, mereka dengan excited bilang ” waaaa… sugooooiii… waaa… kakkooiiii..” berulang-ulang sambil diiringi tepuk tangan, seolah-olah mereka baru pertama kali juga nonton kembang api kayak saya.. hihihi..

This slideshow requires JavaScript.

Selesai acara, saya dibuat lebih kagum lagi.. ngeliat jumlah penonton yang dateng ribuan gitu, saya udah kebayang malesnya jalan pulang yang desek-desekan menuju stasiun, belum lagi antri nunggu kebagian kereta. Alamat pulang tengah malem ini mah batin saya dalam hati. Tapi ternyata ngga seperti dugaan saya, begitu acara selesai, semua penonton jalan tertiiib sekali… lalu sama bapak polisi kita juga sudah diarahkan lewat jalan mana, jadi ngga ada yang namanya desek-desekan atau tabrakan dengan pejalan kaki dari arus lawan..

penuhnya jalan-jalan setelah selesai acara

Tiba di stasiun sudah nampak antrian rapi di depan pintu masuk. Rupanya pintunya ditutup sementara, supaya penumpang ngga numpuk di dalam stasiun. Tanpa pake antri dan nunggu lama-lama seperti yang saya bayangkan, kereta datang selang 1-2 menit dari saya berdiri di tempat antri. Menyenangkaaan.. Salut dengan pengaturan disini, semuanya serba terencana dan tertib.. kalo udah gini suka jadi gatel ngebandingin sama di negeri sendiri.. kapan yaaa… kapan bisa kaya gini..? hihihi

Finally, setelah melalui perjalanan yang penuh intrik dan menguras energi lahir batin, nonton kembang api kali ini cukup menyenangkan terutama buat Marsya. sebagai reminder buat sayakalau-kalau nanti mau nonton kembang api lagi,  hal-hal wajib yang gak boleh lupa disiapkan antara lain:

1. Bekal buat anak & keluarga

Ini mah motifnya supaya ngirit, bekal makanan dan minuman sebisa mungkin disiapkan dari rumah, supaya on the spot nanti gak repot ( keluar duit) banyak-banyak cuma untuk jajan.. hidup irit! hehe.

2. Tisu basah

selain buat lap-lap tangan, berguna banget buat lap muka yang keringetan biar gak terlalu tampang minyak banget.. hi3. Alesan yang kedua itu penting juga buat mendukung proses dokumentasi alias foto-foto :p , saya suka rada kurang semangat kalo liat wajah di foto penuh peluh kringet minyak gimana gitu.. meskipun di musim panas ini susah menghindari wajah minyak ..hehehe..

3. plastik kosong, untuk simpan sampah bekas kita makan/minum

4. tikar plastik, untuk alas duduk

5. Kipas, meminimalkan gerah pas lagi umpel2an ato nunggu di stasiun

6. Kamera, ini yang paling gak boleh ketinggalan😀

Jangan lupa juga :

  • berangkat  3-4 jam sebelum acara dimulai ( kalo acara kembang apinya yang skala besar semacam di yokohama ), kecuali kalo udah ikhlas ridho gak kebagian tempat nonton atau gak dapet spot nonton yang bagus kaya kemarin T_T
  • pastikan cek ulang jumlah deposit di kartu langganan kereta ( pasmo/suica), jangan sampe kejadian lagi gara-gara kurang 30 ¥ harus ngantri panjang dan lama buat ngisi ulang kartu dan keluar stasiun.

selamat menikmati kembang api!

😀

mamiko marsya

2 thoughts on “summer : fireworks is in the air! (what should be prepare tips)

    • iyaa mbakee… meskipun rada2 kurang sesuai harapan euyy krn nontonnya di belakang gedung :p , jadi kl kembang apinya yg pitik2 cuma keliatan ujung2nya doank.. hihihihi .. jadi pingin nonton lagiii.. T_T

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s