Sate Ayam

Image

Horeeeee….

Setelah sekian lama kepingin makan sate ayam, alhamdulillah.. akhirnya kesampean..!😀 Waktu itu sempat maju mundur juga mau eksperimental bikin si sate ayam ini, karena ngebayangin ribetnya masak-masak..( belum perang udah hampir nyerah :p ).  Tapi setelah ditengok resepnya sambil dibayang-bayangin cara membuatnya, seharusnya sih gak seribet yang saya bayangkan. Jadilah semangat kembali berkobar!😀 Meskipun pada prakteknya tetep aja saya jadi rempong sendiri.. sibuk bolak-balik buka primbon contekan.. hihihi *maklum masih newbie. :p

Oke, gak perlu berlama-lama lagi, ini dia gerangan resepnya, saya dapat dari empunya blog ini, trimakasi ya mba.. ^_^

RESEP SATE AYAM

Bahan :

1 kg daging ayam bagian paha, potong kotak-kotak ( saya pake dada boneless)

Bumbu sate (Saus kacang):
250 gr kacang tanah, goreng kering, lalu haluskan sampai halus sekali
5 siung bawang putih, haluskan
5 siung bawang merah, haluskan ( saya 1/2 bawang bombay merah besar)
1 buah cabe merah, haluskan
1 sdt garam
1 sdt gula merah
7 sdm kecap manis
600 ml air
5 siung bawang merah, iris ( saya 1/2 bawang bombay merah besar)

Bumbu perendam ayam :
1 sdm bawang putih bubuk (atau bawang putih cincang)
1 sdt ketumbar bubuk
2 sdm kecap manis
1 sdm minyak ayam (saya pake minyak sayur biasa)
1 sdm saus kacang

Cara :

Bumbu sate:

  1. Tumis bawang merah, bawang putih, cabe sampai layu.
  2. Masukkan kacang tanah halus, dan tambahkan air dan gula jawa, masak sampai mendidih kemudian kecilkan api, masak dengan api kecil sampai kental dan berminyak.
  3. Masukkan kecap manis dan garam, masak sebentar, angkat.
  4. Panas-panas, masukkan bawang merah iris, aduk rata.
  5. Kalau bumbu terlalu kental, tambahkan lk 2 sdm air panas (saya lebih dari 2 sdm, krn hasilnya kental sekali).

Campur bumbu perendam, masukkan daging ayam yang sudah dipotong-potong, diamkan selama lk. 2 jam, tusuk, kira-kira jadi 50 tusuk atau lebih tergantung dari selera.
Bakar sate sambil sesekali diolesi campuran bumbu kacang-kecap (saya lupa ga pake acara oles-oles ini)
Hidangkan dengan lontong atau nasi.

Image

review :

  1. Hasil jadi satenya enak, bumbunya meresap sampe ke bagian dalam daging, mungkin karena udah di marinade dulu ( kalo saya smaleman marinade-nya, soalnya si sate baru dibakarnya hari ini, sedangkan nyicil masaknya kemarin hihi).
  2. Bikin bumbu kacang yang ampe minyaknya keluar sendiri itu ternyata lamaaa yaa…? Berhubung waktu itu udah sekitar 2 jam masak bumbu kacang tapi masih belom ada penampakan minyak-minyak seperti di petunjuk resep, dan khawatir tagihan gas jebol.. *teteup.. irit.. :p , saya matiin aja si kompor. Ternyata ketika diicip-icip, masih terasa kurang nge-blend antara kacang dan bahan lainnya dalam bumbu sate ini.. jadi kurang sedep gitu. Baru deh setelah dihangatkan beberapa kali ( sekitar 5 kali) dengan api kecil dan waktu pemanasan sekitar 15-20 menit, si minyak muncul juga meski malu-malu (sedikit :p) dan rasa si bumbu mulai nge-blend. Besokannya lagi, setelah dihangatkan berkali-kali lagi si bumbu makin sedap rasanya ( si minyaknya juga makin keluar).. pokoknya, gak kalah lah sama bumbu sate bikinan abang-abang  :9 . Bener-bener belajar kesabaran ini mah.. Image
  3. Worthed lah bikin si sate ini dengan segala kerempongannya, tapi emang kudu banyak-banyak sabar ^_~

Selamat bereksperimental yaa!

warm regards

Mamiko Marsya

2 thoughts on “Sate Ayam

    • mba donnaaaaa….salah strategi nih, liat fotonya harusnya udah adzan maghrib mbakee.. ihihihi… siap mbaa, tar kalo bikin lagi dan berhasil akan kugelindingkan ke suzukakedai , tapi sementara ini, fotonya dulu aja yaak! ckckck.. :p

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s