Lebaran Cookies : Kue Semprit

Allooohaaaaaa…

masih dalam suasana lebaran ( Hari ke 10 lebaran, *maksa :p ) , akhirnya kemarin adalah debut pertama saya membuat kue semprit ini sodara-sodara!😀

Awalnya, pas lebaran saya dapet sekotak kue semprit ini dari seorang sahabat merangkap tetangga merangkap juga kakak saya selama saya disini.. ihihihi..namanya Mba Mala.. belum ada 1 jam dari mulai segelnya dilepas, udah ludes si kue diembat saya dan Marsya. Haduh rupanya kalo soal kue-kue lebaran gini saya paling gak bisa menahan diri, bawaannya kalap pingin dicicip melulu.. :p  abis kuenya enaak sih.. makasih ya mba mala..🙂

Hasrat hati masih pingin makan si kue, tapi apa dayung kuenya udah abis, terpaksalah harus coba bikin sendiri. Tadinya sempet males juga bikin si kue ini, seperti biasa kalo udah dibayangin yang muncul adalah kata-kata : RIBET . Ihihi.. dasar pemalas :p Tapi, berhubung yang saya tau mba Mala ini kalo bikin kue ato cemilan pake resep dengan bahan yang gak susah didiapat, takaran simple ( gak pake timbangan lhooo.. master abis dah si mba inih.. :D) dan metode yang gak pake ribet, saya jadi penasaran pingin tau dan nyobain resepnya. Setelah wawancara dengan beliau via telepon serta mencoba mengingat-ingat ingredients dan masing-masing takarannya, perburuan bahan pun dimulai.

Berhubung saya masih amatir dan gak pandai dalam menerka takaran bikin kue, maka resep dari mba mala saya coba kolaborasikan dengan resep hasil nemu dari internet yang takaran bahannya mendekati takaran kue si mba, trus saya modif-modif dikit deh.. hasilnya Alhamdulillah… krenyes-krenyes deh kuenya.. Marsya doyan, papiko juga, mamiko apalagi.. ihihihi.. *omaygat, siap-siap berat naek lagi ini mah..*

krenyes-krenyes... cuma tahan 2 hari nih di dalem toples..

Oiya, dari resep ini saya bikin 2 resep , kalap dan nekat ceritanya😀 , jadinya sekitar 3 toples ukuran 250 gram kali yaa.. *gak pandai kira-kira :p

hasil nyontek dari link ini

SEMPRIT
Buku Resep Sedap – 52 Kue Populer
Bahan :
175 gr margarine ( saya pakai butter merk  ラマ, 2 resep : 350 gr)
75 gr gula tepung ( saya pakai gula pasir jepang biasa, 130 gr )
1/8 sdt esens vanilla
1 kuning telur
175 gr tepung terigu protein rendah ( saya pakai all purpose flour)
40 gr tepung maizena
Ceri merah & hijau secukupnya untuk hiasan ( saya pakai choco chips)
* tambahan lain versi saya :
susu bubuk 2 sdm
keju cheddar parut 80 gr  ( ikut-ikutan mba mala)
Cara membuat :
1. Kocok margarine ( saya : dengan mixer kecepatan sedang), gula tepung dan vanilla selama 40 detik.
2. Tambahkan kuning telur, kocok rata.
3. Masukkan tepung terigu dan tepung maizena sambil diayak dan diaduk rata.
4. Semprot dengan menggunakan spuit di loyang yang dioles margarin ( saya tidaka dioles margarin, tapi dialas kertas roti), letakkan choco chips sebagai hiasan.
5. Oven selama 25 menit dengan suhu 150C atau 300F hingga kuning keemasan. ( saya 150C 16-20 menit)

semprit oh semprit.. i cannot resist your temptation.. :9

notes :
1. sesuai saran suhu mala dan juga hasil browsing sana sini, tepung terigu saya sangrai dulu. Konon katanya biar kuenya kering krenyes-krenyes dan gak bau terigu mentah ( eh apa ya istilahnya buat bau terigu ini.. saya lupa, ihihi..).
2. takaran gula saya kurangi supaya gak terlalu manis karena saya akan menambahkan susu ke dalam adonan.
3. Suhu pemanggangan. Lagi-lagi ini emang sesuai oven masing-masing ya. Awalnya saya coba pemanggangan batch pertama selama 20 menit, hasilnya oke, tapi saya nggak langsung keluarin dari  oven, alhasil di ujung kue agak-agak coklat tua.. Batch berikutnya waktu pemanggangan jadi semakin saya kurangi karena  belum ada 20 menit sudah kecoklatan tepi kuenya.

Leave a Reply

