Japanese cuisine Recipe : Oyakodon ( Egg and Chicken Rice Bowl)

Konnichiwaaaaaa…

Yaaa.. mari kita flash back ke masa-masa awal kehadiran saya di Tokyo. Suatu hari di musim gugur tahun lalu saya tanya ke si papiko, “Pi.. maunya mami eksperimental masakan apa nih..?”

Yah.. namanya masih belom bisa masak.. ngarep dalem ati sih si papiko minta dimasakinnya yang gampang-gampang, ringan, dan lucu aja.. macem sayur sop gitu..  Eh si doi jawab ” papiko mau mami belajar masak masakan jepang. Bikin oyakodon ya!”

Glek!

Gak kebayang ya, makhluk apakah oyakodon itu..? terus terang waktu baru sampe sini, saya gak langsung wisata kuliner, jadi ya santapannya masih seputar masakan indonesia yang bisa saya buat, bekel lauk bawaan dari ibu mertua, atau indomie yang numpuk di koper. Terus langsung ditodong masakan jepang aja. Sempet jadi menyesal sih pake acara nawarin segala, udah tau belom bisa apa-apa!  Gawat.. gawat.. Hehehehe.

Demi suami tercinta dan rasa penasaran pingin belajar masak, saya coba browsing resep oyakodon ini. Rupanya dia adalah makanan dengan bahan dasar potongan ayam dan telur yang nantinya ditaburkan langsung diatas semangkuk nasi. Karena belum pernah mencoba apalagi memasak menu satu ini, saya memakai beberapa referensi:

1. dari web stasiun tv NHK disini untuk versi bahasa Indonesia, dan disini untuk versi bahasa Inggris. Tapi saya lebih suka ikuti versi yang bahasa Inggris sih, supaya ingredientsnya lebih orisinil. Mumpung disini bahan-bahannya ( yang  bisa dikonsumsi muslim) tersedia.

2. video tutorial cara memasak oyakodon dari youtube.

 

 

Untuk video tutorial masakan jepang, saya paling suka ngikutin ( dan juga termasuk salah satu subscribernya) account Cooking with dog dan  Runny runny 999. Coba dibuka deh link-nya, lumayan lho buat yang suka masak masakan jepang yang simple-simple.

Menurut saya ketika mereka menyampaikan cara-cara memasaknya sangat mudah dipahami. Dan yang penting hasil akhirnya ( untuk resep oyakodon ini) tolerable di lidah saya yang tadinya gak terlalu suka dengan masakan jepang🙂 , selain itu masak oyakodon ini juga relatif mudah, jadi cocok juga kalo dijadikan menu sarapan pagi😀 .  Poin penting lain, karena saya muslim, jadi dalam resep ini saya gak pake mirin ataupun sake.  Sampe sekarang juga masih belum tau sih pengganti rasa mirin-sake yang mirip ( barangkali ada yang tau, boleh di-share yaa..).

Bagi yang berminat mengintip resep si oyakodon ini langsung aja di klik  link / lihat video youtube yang saya berikan diatas yaa.. kebetulan lagi agak gak mood copy paste dan translate resep. ( niat sharing gak sih..??) Hihihihi..

Oiya, sebagai pelengkap, saya hadirkan foto hasil masakan oyakodon saya. Ini foto jadul sih, foto tahun lalu.. masih pake HP motretnya juga. Lumayan deh buat menuh-menuhin daftar masakan apa aja yang udah pernah saya coba

hiyaa.. rupanya gambarnya gak terlalu jelas yaa.. sepertinya perlu eksperimental lagi nih masaknya biar cakepan dikit fotonya :p

😀

Selamat bereksperimen dengan oyakodon !

Itadakimasu!

 

 

Warm Regards,

 

Mamiko Marsya

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s