Cake : Brownies Kukus Baskom

Cemilan yang juga dibuat hampir setahun yang lalu ini, selalu bikin saya senyum-senyum malu kalo ingetnya. Waktu itu saya pingiiin banget ngemil kue, tapi saya belum punya oven, belum beli loyang, gak ada mixer, plus belum punya keahlian juga.. hehehe. Sementara peralatan yang ada di lemari baru panci kukusan dan baskom bahan metal, itupun hasil lungsuran dari temen si papiko yang back for good ke negara asalnya. ini mah beneran gak punya apa-apa yaak.. kasihan sekali deh si mamiko ini :p

Yah dengan modal seadanya inilah, saya berusaha mewujudkan hasrat ngemil orang-orang rumah. Karena yang saya punya hanya panci, berarti kue yang saya bikin haruslah kue-kue yang dikukus. Oke, singkat cerita hasil ngubek sana -sini, saya nemu video tutorial bikin brownies kukus dari dapur umami, nampak gampang nih.. cobain aah!

ps : di video kan pake ajinomoto sebagai salah satu bahannya, tapi saya gak pake.

Dan…Tarraaa… inilah hasil akhirnya versi saya :

Bentuk brownies kukusnya udah kaya baskom yaaa.. yaiyalah wong cetakannya dari baskom, ihihihi..

Bagaimana dengan rasanya..? yah.. karena ini proyek trial and error, hasilnya juga lebih mendekati error.. ihihihi.. Aromanya agak kurang sedap ( saya ngerasanya kok kaya ada aroma plastik yaa..? -_-), mungkin karena gak pake margarin ( di resep pake minyak sayur– dan saya pake minyak bunga matahari). Sedangkan untuk konsistensinya biasa aja sih, mudah dikunyah tapi ngga lembut-lembut amat. Eh tapi alhamdulillah, biar kata rasanya ajaib, tetep abis juga si brownies.😀

Tapi saya gak patah semangat.

Berikutnya, saya coba bikin lagi, tapi dengan melakukan modifikasi resep :

  • minyak goreng diganti margarine cair dan susu cair ( saya perbandingannya agak pake perasaan, kalo gak salah totalnya margarine cair + susu cair jadi 100 ml)
  •  waktu kukus jadi lebih lama karena kadar air di adonannya juga nambah
  • tetep gak pake pecin-pecinan
  • gak pake coklat bubuk tapi diganti tambah vanilla essens 1/4 sdt
  • meses ceres warna-warni buat taburannya

Dan Alhamdulillah lagi, rasa kue brownies baskom saya kali ini jauuuuh lebih enak dari yang sebelumnya. Senang deh, akhirnya bisa juga bikin kue-kuean yang rasanya bisa diterima perut dan lidah.. hihihihihi.. Berikutnya lagi saya terus modifikasi resepnya dengan tambahin pasta pandan supaya ada aroma pandannya. Dan.. hmmm… enak juga!

Hingga akhirnya saya punya microwave-oven dan loyang, berhentilah saya membuat brownies kukus baskom ini😀.

Jadi, Kesimpulannya resep ini hanya bila saya dalam keadaan sangaaaat kepepet pingin ngemil, tapi alat yang ada cuma panci kukus dan baskom. Dengan catatan tetap kudu modifikasi resep supaya gak berasa dihukum pas makan kuenya.😀

Warm regards,

Mamiko Marsya

Leave a Reply

