Candil Project

Sebenernya sih ini latepost.. Hari minggu kemarin ( 24 Nov), ceritanya kita memutuskan untuk istirahat di rumah aja. Sehari sebelumnya saya baru dapet tangkapan ubi ungu murah meriah di swalayan dekat rumah, isi 5 buah  harga 100 ¥ sajah.. ( FYI, saya paling hijau ketika menemukan sayuran yang harganya 100¥, hihi..). Tadinya sih cuma mau dikukus aja, soalnya menurut saya ubinya udah manis dan enak meski nggak diolah macem-macem. Tapi ketua gank di rumah menyampaikan aspirasi, “gimana kalo bikin kolak candil aja??”. Yiuk mari langsung hunting-hunting resep lagi😀

tapi saya lupaa dapet nyontek resepnya dari mana.. huhuhuhu… 

saya coba ingat-ingat bahan-bahannya apa aja ya : 

Bahan :

400 gr ubi ungu, kukus, haluskan panas-panas 

90 gr tepung kanji ( saya pake katakuriko) 

1/2 sdt garam 

250 ml santan cair  ( saya pake santan kara bubuk dan ngabisin seada2nya bahan)

1 lembar daun pandan besar

1 ruas jahe, memarkan

250 gram gula merah

1/2 sdt garam

500 ml air 

cara membuat :

ubi halus, tepung kanji, dan garam dicampur rata kemudian dipulung-pulung dan dimasukkan ke dalam panci berisi air mendidih, ketika candil terapung, angkat dan tiriskan. 

rebus air bersama gula merah, daun pandan,  jahe, tambahkan sedikit tepung kanji bila suka kuahnya kental. Kemudian masukkan candil, masak sebentar sampai meletup. 

untuk kuah santan, panaskan 250 ml santan cair dengan 1/2 sdt garam, daun pandan ( kalau mau lebih harum), dan aduk-aduk sampai mendidih. 

Oh iya, saya menambahkan kabocha juga berhubung di kulkas ada kabocha sedikit.. 

Yang bikin saya seneng, saya dibantuin sama dynamic duo yang sungguh bikin hati bahagia meski mbantuinnya gak sampe kelar si candil ini.. hehe.. makasih yaaa.. 

ImageImageImage

Image

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s