Steak Daging Giling aka Minced Beef Steak

Akhirnyaaaa.. dapur mamiko kembali mengepul setelah sekian lama empunya pantry nggak mood ngulik dan ngubek2 dapur ( baca : eksperimental) hehe.. Nah, jadi .. berhubung sekarang tanggal tua dan masih beberapa hari lagi menuju jadwal belanja bulanan, saya ceritanya mau bertahan untuk gak tergoda belanja bahan makanan baru, tapi coba masak dengan memanfaatkan bahan-bahan yang masih tersisa di kulkas. Tengok daging-dagingan yang paling mumpuni jumlahnya kayaknya cuma daging giling .. Masak apa ya kalo gitu?

Teringat beberapa hari yang lalu, si papiko sempat request minta dibuatkan steak2an.. Saat itu juga langsung saya browsing sana sini, dan ketemulah inspirasi buat ngolah si daging giling dari sini. Sekilas saya bayangkan sih cara membuatnya nggak ribet, dan yang terpenting semua ingredients yang diperlukan ada di persediaan bunker! Jadi tambah semangat deh bikinnya 🙂  , saya salinkan resepnya disini ya :

Steak Daging Cincang ala KELUARGA NUGRAHA

Bahan Bola Daging:

325 gram daging sapi cincang (dengan lemak)
75 gram tepung roti
1 butir telor ———> saya gunakan 2 butir telur, karena telur persediaan di rumah ukurannya kecil 
4 siung bawang putih, haluskan ——–> saya pakai pasta bawang putih, + 3 sendok makan  
1 sdt garam
1 sdt merica bubuk
1 sdt gula pasir
6 sdm margarine
1/2 buah bawang bombay yang dirajang halus ——-> tambahan saya sendiri  

sedikit cream chesee ( + 1 sdm) sekalian ngabisin yang ada di kulkas :p

Bahan Saos:
1 buah bawang bombay, rajang halus
4 siung bawang putih, rajang halus
4 sdm kecap asin
4 sdm kecap manis
4 sdm saos tomat
6 sdm saos/kecap inggris
1/2 sdt pala bubuk
1 sdt merica bubuk
1 sdt garam
3 sdt gula pasir
150 ml air
2 sdt tepung maizena + 5 sdm air, larutkan ——> saya nggak pake

Pelengkap:
Telor rebus
Wortel rebus, potong kotak panjang
Buncis rebus, potong kotak panjang
Tomat, potong-potong ——–> saya nggak pake ini, diganti dengan kentang goreng + jagung rebus 😀

Cara Membuat:

1. Bola Daging: Campur semua bahan (kecuali margarine) lalu bentuk bola-bola sebesar bola pingpong dan pipihkan.
2. Panaskan margarine lalu goreng daging sampai matang. 
3. Hidangkan dengan saos dan pelengkap.
4. Saos: Panaskan sisa margarine lalu tumis bawang bombay dan bawang putih sampai harum.
5. Masukkan sisa bahan lainnya kecuali larutan maizena. Masak sampai seluruhnya matang.
6. Setelah mendidih, tambahkan larutan maizena lalu masak sampai kental.

 

Dan voila! ternyata rasanya endaaang..Sebagai tester pertama, Marsya anak saya yang cenderung picky eater malah minta nambah lagi.. hip hip horeeee… 

Image

Eniwey, emang dasar orang Indonesia, kalo makan steak belom ketemu nasi kayaknya belom makan namanya.. jadi saya tambahin deh setangkup mungil nasi biar afdol makan malam kali ini.. 

Jadi, kalo ada daging giling nganggur, trus bosen dibikin apaan tapi pengen yang simple, maka resep ini patut dicobaaa! Selamat bereksperimen yaaaaaa! 

 

Leave a comment